ForSains

Mitos Ilmiah Tentang Hewan

Hewan melakukan beberapa hal yang cukup aneh. Jerapah membersihkan mata dan telinganya dengan lidah mereka. Ular melihat melalui kelopak mata mereka. Beberapa siput dapat tidur selama tiga tahun. Tetapi cerita aneh lainnya tentang hewan adalah omong kosong.

Kami telah mengumpulkan “fakta” ilmiah yang paling mengejutkan dan aneh yang salah tentang Hewan.

 

Anjing dan kucing buta warna

hewan anjing dan kucingAnjing dan kucing memiliki penglihatan warna yang jauh lebih baik daripada yang kita kira.

Anjing dan kucing dapat melihat warna biru dan hijau, dan mereka juga memiliki lebih banyak sel batang (Sel fotoreseptor di dalam retina yang dapat berfungsi pada kondisi cahaya yang redup) daripada manusia, sehingga mereka dapat melihat lebih baik dalam situasi cahaya rendah.

Mitos ini muncul mungkin karena setiap hewan melihat warna dengan cara yang berbeda dengan manusia.

Warna merah dan merah muda mungkin terlihat lebih hijau bagi kucing, sedangkan ungu mungkin terlihat seperti variasi warna biru lainnya. Anjing, di sisi lain, memiliki lebih sedikit sel kerucut (sel-sel penangkap warna di mata) sehingga para ilmuwan memperkirakan bahwa penglihatan warna mereka hanya sekitar 1/7 dari kejernihan penglihatan kita.

 

Burung unta menyembunyikan kepala mereka ketika merasa terancam

hewan burung untaBurung unta tidak menyembunikan kepalanya ketika terancam. Bahkan, mereka sama sekali tidak mengubur kepala mereka.

Ketika terancam, burung unta kadang-kadang jatuh terduduk di tanah dan berpura-pura mati.

 

Dinosaurus ini disebut Brontosaurus

hewan apatosaurusBanyak orang menyebut dinosaurus ini sebagai Brontosaurus – bahkan Michael Crichton melakukannya dalam film “Jurassic Park”.

Sebenarnya dinosaurus ini disebut Apatosaurus. Mitos ini muncul sekitar 130 tahun yang lalu selama perselisihan antara dua ahli paleontologi.

 

Ikan hiu dapat mencium tetesan darah dari jarak beberapa kilometer

hewan ikan hiu darahIni adalah pernyataan yang sangat berlebihan. Hiu tidak akan datang ke arahmu dari seberang lautan jika kamu berdarah di air.

Hiu memiliki wilayah otak yang sangat besar untuk mencium bau, memungkinkan untuk mendeteksi bahkan setetes darah per 10 miliar bagian air — sekitar tetesan dalam kolam renang ukuran Olimpiade.

Namun, lautan jauh lebih besar dan butuh waktu bagi molekul-molekul bau untuk tersebar. Ketika kondisi perairan sangat tenang, seekor hiu dapat mencium mangsanya dari jarak beberapa ratus meter jauhnya — bukan kilometer.

 

Kelelawar buta

hewan kelelawarMengatakan seseorang “buta seperti kelelawar” sebenarnya tidak berarti buta sama sekali.

Meskipun banyak kelelawar menggunakan biosonar untuk bergerak, semua kelelawar dapat melihat.

 

Ikan mas hanya dapat mengingat sesuatu selama beberapa detik

hewan ikan masIkan mas sebenarnya memiliki ingatan yang cukup baik.

Mereka dapat mengingat sesuatu selama berbulan-bulan, bukan hanya beberapa detik seperti yang banyak orang katakan.

 

Ikan Hiu akan mati jika berhenti berenang

hewan ikan hiu berenangSering kali terdengar bahwa hiu hanya dapat bernapas ketika berenang agar air mengalir melalui insang mereka.

Hal tersebut benar untuk beberapa jenis hiu, tetapi banyak hiu lainnya – seperti hiu perawat yang tinggal di dasar laut – dapat memompa air kaya oksigen melalui insang mereka tanpa berenang.

Namun, semua hiu tidak memiliki kantung renang, sehingga jika mereka berhenti berenang, mereka akan tenggelam ke dasar laut. Untungnya, tubuh hiu tidak dapat dipadatkan dan penurunan atau kenaikan yang cepat tidak membahayakan mereka.

 

Manusia berevolusi dari simpanse

hewan simpanseSimpanse dan manusia memiliki kesamaan yang menakjubkan, tidak terkecuali adalah DNA kita – sekitar 98,8% identik.

Namun, evolusi bekerja melalui perubahan genetik bertahap yang terakumulasi melalui banyak generasi. Simpanse dan manusia memang memiliki nenek moyang bersama antara 6 dan 8 juta tahun yang lalu, tetapi banyak hal yang telah berubah sejak saat itu.

Simpanse modern berevolusi menjadi cabang terpisah (meskipun dekat) dalam pohon keluarga kera.

 

Bunglon mengubah warna mereka untuk menyesuaikan dengan lingkungan sekitar

hewan bunglonBunglon dapat mengubah warna dengan meregangkan dan merelaksasikan sel yang mengandung kristal, yang mempengaruhi pantulan cahaya.

Namun, mereka tidak dapat mengubah menjadi warna apa pun untuk menyesuaikan dengan lingkungan sekitar, dan perubahan warna mereka tidak terlalu berkaitan dengan kamuflase.

Sebaliknya, bunglon menggunakan kristal tersebut terutama untuk komunikasi (warna gelap mengindikasikan agresi, misalnya ketika betina tidak ingin kawin), tetapi juga untuk mengatur suhu (warna lebih terang memantulkan panas). Warna cokelat dan hijau kusam “warna istirahat” bunglon menyatu dengan lingkungan sekitarnya sampai mereka mengubahnya, sehingga mereka sebenarnya lebih tersembunyi sebelum mengubah warna.

 

Jerapah hanya tidur selama 30 menit setiap hari

jerapahJerapah memiliki pola tidur yang cukup khas.

Untuk membantah hal ini, para peneliti secara cermat memantau sekelompok lima jerapah dewasa dan tiga jerapah muda selama 152 hari, menghitung semua tidur siang dan tidur mendalam mereka.

Biasanya, hewan-hewan tersebut tidur di malam hari dan tidur siang (terdengar familiar, bukan?).

Secara total, setiap jerapah tidur sekitar 4,6 jam setiap hari.

 

Oposum tidur sambil bergantung dengan ekornya

bayi posum bergelantungMungkin Anda pernah menonton film kartun Ice Age—bahkan foto—oposum beristirahat terbalik dengan bergantung dari ekornya.

Meskipun ekor oposum cukup kuat untuk memegang ranting dan bahkan menahan bobotnya untuk jangka waktu singkat, oposum dewasa terlalu berat sehingga ekornya tidak dapat menopang mereka dalam waktu lama, sehingga mereka tidak bisa bertahan dalam posisi tersebut saat tidur.

 

Induk burung akan menolak anak-anaknya jika mereka disentuh oleh manusia

anak burungOrang yang menemukan anak burung di tanah mungkin ingin mengembalikan anak burung tersebut ke sarangnya. Namun, burung tersebut mungkin sedang belajar terbang dan sebaiknya tidak diusik. Cerita tersebut mungkin diciptakan untuk mencegah orang mengganggu burung muda.

“Sebagian besar burung memiliki indra penciuman yang kurang berkembang,” kata Michael Mace, kurator burung di Taman Satwa Liar San Diego. “Mereka tidak akan memperhatikan bau manusia.”

Satu pengecualian: burung pemakan bangkai, yang mencium bau bangkai untuk makan malam. Tapi Anda tidak akan ingin berurusan dengan burung pemakan bangkai itu juga.

 

Sumber
techinsider
readersdigest
natgeo

Ali Akbar

1 comment

Ukuran Huruf